Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard laptop adalah salah satu komponen penting yang digunakan untuk mengetik, menjalankan perintah, dan berinteraksi dengan sistem operasi. Namun, terkadang keyboard laptop bisa mengalami masalah seperti tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya, terkunci, mencet sendiri, atau terkena air. Tentu saja, hal ini sangat mengganggu produktivitas dan kenyamanan pengguna.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi? Apakah harus membawa laptop ke tempat servis atau bisa diperbaiki sendiri di rumah? Apa saja penyebab dan solusi dari masalah keyboard laptop ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Sebelum membahas cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari masalah ini. Secara umum, penyebab keyboard laptop tidak berfungsi bisa dibagi menjadi dua, yaitu gangguan pada hardware dan gangguan pada software.

Gangguan pada hardware berarti ada kerusakan fisik pada keyboard laptop, seperti bantalan yang longgar, tidak sensitif, atau konslet. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor usia, pemakaian yang tidak hati-hati, atau terkena debu, kotoran, atau benda cair.

Gangguan pada software berarti ada kesalahan pada sistem operasi, driver, atau aplikasi yang berhubungan dengan keyboard laptop. Hal ini bisa disebabkan oleh virus, malware, bug, atau pembaruan yang tidak kompatibel.

Untuk mengetahui penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, kita bisa mencoba mengakses BIOS laptop. BIOS adalah sistem dasar yang digunakan untuk mengatur dan menguji perangkat keras sebelum sistem operasi dimuat. Jika kita bisa masuk dan menggunakan keyboard laptop di BIOS, maka kemungkinan besar masalah ada pada software. Jika tidak, maka kemungkinan besar masalah ada pada hardware.

Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, kita bisa mencoba beberapa solusi berikut ini sesuai dengan kondisi dan penyebab masalahnya.

1. Restart Laptop

Solusi pertama yang bisa dicoba adalah melakukan restart laptop. Restart laptop bisa membantu mengatasi masalah keyboard laptop yang disebabkan oleh software, seperti driver yang bermasalah, aplikasi yang mengganggu, atau bug pada sistem operasi. Restart laptop juga bisa membersihkan cache dan memori yang mungkin menyebabkan keyboard laptop tidak responsif.

Cara melakukan restart laptop adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu pilih opsi Power.
  • Pilih Restart dan tunggu hingga laptop menyala kembali.
  • Coba gunakan keyboard laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

2. Perbarui Driver Keyboard

Driver adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Driver keyboard adalah driver yang mengatur fungsi dan kinerja keyboard laptop. Jika driver keyboard tidak diperbarui atau tidak kompatibel dengan sistem operasi, maka keyboard laptop bisa mengalami masalah seperti tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya.

BACA JUGA:  Cara Login dan Menambah Teman di Aplikasi QQ for PC

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba memperbarui driver keyboard dengan cara berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu ketik Device Manager dan pilih hasilnya.
  • Cari dan klik submenu Keyboard, lalu klik kanan pada driver keyboard yang ada dan pilih Update driver.
  • Pilih opsi Search automatically for updated driver software dan tunggu hingga proses selesai.
  • Jika ada driver baru yang tersedia, ikuti instruksi yang muncul untuk menginstalnya.
  • Jika tidak ada driver baru yang tersedia, pilih opsi Browse my computer for driver software dan cari driver keyboard yang sesuai dengan model dan merek laptop Anda dari situs resmi produsennya.
  • Setelah driver keyboard berhasil diperbarui, coba gunakan keyboard laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

3. Hapus dan Instal Ulang Driver Keyboard

Jika memperbarui driver keyboard tidak berhasil mengatasi masalah keyboard laptop, kita bisa mencoba menghapus dan menginstal ulang driver keyboard. Cara ini bisa membantu mengatasi masalah driver keyboard yang rusak, korup, atau tidak cocok dengan sistem operasi.

Cara menghapus dan menginstal ulang driver keyboard adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu ketik Device Manager dan pilih hasilnya.
  • Cari dan klik submenu Keyboard, lalu klik kanan pada driver keyboard yang ada dan pilih Uninstall device.
  • Centang opsi Delete the driver software for this device dan klik Uninstall.
  • Setelah driver keyboard berhasil dihapus, restart laptop Anda.
  • Setelah laptop menyala kembali, driver keyboard akan terinstal secara otomatis oleh sistem operasi.
  • Jika driver keyboard tidak terinstal secara otomatis, ulangi langkah-langkah untuk memperbarui driver keyboard seperti di atas.
  • Coba gunakan keyboard laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

4. Nonaktifkan Fitur Filter Keys

Fitur Filter Keys adalah fitur yang berfungsi untuk menyaring pengetikan yang berulang atau tidak sengaja saat mengetik, terutama saat mengisi password atau kode rahasia. Fitur ini bisa membantu pengguna yang memiliki masalah motorik atau kesulitan mengetik dengan cepat dan akurat. Namun, fitur ini juga bisa menyebabkan masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya, terutama jika fitur ini diaktifkan secara tidak sengaja.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba menonaktifkan fitur Filter Keys dengan cara berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu pilih Settings.
  • Pilih Ease of Access, lalu pilih Keyboard di menu sebelah kiri.
  • Cari dan nonaktifkan opsi Filter Keys dengan menggeser tombolnya ke posisi Off.
  • Coba gunakan keyboard laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.
BACA JUGA:  Cara Membuat Efek Blur/Sensor pada Video di PC

5. Bersihkan Keyboard dari Debu atau Kotoran

Salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya adalah adanya debu, kotoran, atau benda asing yang masuk ke dalam sela-sela tombol keyboard. Hal ini bisa mengganggu koneksi antara tombol keyboard dengan papan sirkuit di bawahnya, sehingga keyboard tidak responsif atau mencet sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba membersihkan keyboard dari debu atau kotoran dengan cara berikut:

  • Matikan laptop dan lepaskan baterai, charger, dan perangkat lain yang terhubung dengan laptop.
  • Balikkan laptop dan kocok-kocok dengan hati-hati agar debu atau kotoran yang ada di dalam keyboard bisa jatuh keluar.
  • Gunakan semprotan udara kering atau penghisap debu untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard dari debu atau kotoran yang masih tersisa.
  • Gunakan kain lembut yang sedikit basah atau kapas yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan permukaan tombol keyboard dari noda atau kotoran yang menempel.
  • Biarkan keyboard kering sepenuhnya sebelum menyalakan laptop kembali.
  • Coba gunakan keyboard laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

6. Bongkar dan Periksa Keyboard

Jika membersihkan keyboard dari luar tidak berhasil mengatasi masalah keyboard laptop, kita bisa mencoba membongkar dan memeriksa keyboard dari dalam. Cara ini bisa membantu mengatasi masalah keyboard laptop yang disebabkan oleh kerusakan hardware, seperti bantalan yang longgar, kabel yang putus, atau papan sirkuit yang rusak.

Namun, cara ini membutuhkan keterampilan dan kehati-hatian yang tinggi, karena jika salah langkah, bisa saja merusak keyboard atau komponen lain di dalam laptop. Jika Anda tidak yakin atau tidak berpengalaman, sebaiknya serahkan masalah ini kepada ahlinya atau bawa laptop ke tempat servis.

Cara membongkar dan memeriksa keyboard adalah sebagai berikut:

  • Matikan laptop dan lepaskan Batrai
  • Pasang kembali baterai, charger, dan perangkat lain yang terhubung dengan laptop.
  • Nyalakan laptop dan coba gunakan keyboard laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah keyboard laptop Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.