Cara Merubah Ukuran Foto 3×4 dan 4×6 Tanpa Photoshop, MUDAH!

Pelajari trik merubah ukuran foto menjadi 3×4 atau 4×6 berikut ini tanpa menggunakan Adobe Photoshop, caranya mudah dan semuanya bisa melakukannya.

Umumnya untuk merubah dan mengedit ukuran foto menggunakan software editing foto seperti Adobe Photoshop. Dan software tersebut hanya orang-orang yang memiliki keahlian untuk melakukannya dan menyulitkan untuk bagi pemula. Pada tulisan ini saya akan memberikan solusinya untuk kalian yang masih awam dengan software Photoshop karena trik berikut tanpa menggunakan software tersebut.

Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 3×4 dan 4×6

Software yang digunakan adalah Microsoft Office Picture Manager. Biasanya aplikasi ini sudah terinstall ke dalam komputer karena satu kesatuan dengan Microsoft Office lainnya (Word, Excel, Power Point dll…).

Kelebihan merubah ukuran foto menggunakan office picture manager adalah.  Jika sebelumnya merubah ukuran foto harus memperhatikan ukuran piksel namun dengan aplikasi ini secara otomatis menemukan ukuran piksel untuk dirubah ke ukuran yang diinginkan. Selain itu cara pengoprasiannya sangat sederhana dan cocok untuk pemula.

BACA JUGA:  Cara Memperbesar Ukuran Kb Foto JPG Menjadi 1 MB tanpa Aplikasi

Cara menemukan dan membuka Office Picture Manager yaitu

Untuk anda pengguna Windows 7 pilih menu STAR -> ALL PROGRAMS -> MICROSOFT OFFICE -> MICROSOFT OFFICE TOOLS -> Microsoft Office Picture Manager.

Setelah terbuka Office Picture Manager, Pilih menu FILE -> ADD PICTURE SHORTCUT.

Cari folder dimana anda menyimpan file foto yang akan dirubah ukurannya. Kemudian pilih ADD.

cara merubah foto ke 4x6

Setelah itu maka akan muncul semua foto yang ada di folder yang anda tambahkan tadi. Selanjutnya silahkan anda klik foto yang ingin anda ubah ukurannya.  Kemudian pilih menu EDIT PICTURES. Pada panel sebelah kanan pilih CROP.

BACA JUGA:  Cara Ubah Gambar Format WEBP Ke JPG

Kemudian pada panel sebelah kanan ubah Aspec Ratio menjadi ukuran 3×4 atatu 4×6. Kemudian pilih PORTRAIT untuk merubah posisi crop. Selanjutnya silahkan anda atur posisi area yang akan di potong pada foto dengan klik dan geser pada foto.

Cara Merubah ukuran foto ke 3x4

Jika sudah sesuai klik OK.  Untuk menyimpannya jika anda ingin tetap menyimpan file aslinya maka pilih menu FILE -> SAVE AS. SELESAI!

Video Cara Merubah Ukuran Foto 3x4 atau 4x6


Foto anda sudah dirubah menjadi 3×4 atau 4×6 tanpa menggunakan Photoshop, caranya simpel dan mudah. Selamat mencoba.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.