Dalam sebuah laporan, skripsi, majalah dll pasti dibagian awal halaman terdapat daftar isi. Fungsi dari daftar isi yaitu untuk menemukan secara cepat halaman yang ingin kita baca. Paa umumnya jika dokumen kita edit-nya dengan menggunakan Microsoft Word maka kita dapat membuat daftar isi, naman kebanyakan orang belum tau tentang hal ini. Pada Microsoft Word di bagian tool panel terdapat jenis “Heading Style” dan sampai sekarang pun banyak orang tidak tahu dengan fungsi tools tersebut.
Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan fungsi Heading. Heading ternyata memiliki fungsi untuk membantu kita dalam membuat daftar isi secara otomatis dengan simpel dan cepat. Baiklah langsung saja kita praktikkan teknik dasar membuat daftar isi dengan menggunakan “Heading Style”.
1. Silahkan anda buka M. Word anda, dalam hal ini saya praktikkan dengan menggunakan M. Word 2007
2. Dokumen pertama ketikkan “Daftar Isi”. Lalu berikan nomr halaman dengan cara Insert>>Page Number lalu pilih jenis penomoran, Seperti ini:
3. Pada halaman selanjutnya ketikkan “Halaman 1” dengan model “Heading Style”–>Heading 2
Lakukan hal yang sama dengan “Halaman 2 & 3dst” pada tiap halaman barunya.
4. Setelah itu kembali ke halaman pertama yang ada tulisan “Daftar Isi”. Mari kita masukkan tulsian “Halaman…” ke dalam format daftar isi pada umumnya. Caranya pilih menu “References>>Table of Contents” lalu pilih model jenis Daftra Isinya.
5. Dan berikut hasilnya, maka akan muncul seperti daftar isi pada umumnya:
Sangat mudah dan simpel kan cara membuatnya. Kelebihan teknik ini yaitu jika halaman berubah maka halaman pada daftra isi secara otomatis ikut berubah. Teknik yang saya jelaskan di atas adalah teknik dasar untuk membuat daftar isi secara otomatis. Nah untuk cara membuat daftar isi pada dokumen seperti laporan dll yang sudah ada saya bahas di bahasan selanjutnya, jika ada yang belum jelas silahkan anda tanya dengan memberikan komentar pada kolom komentar yang sudah di berikan, semoga bermanfaat.