Di seluruh dunia, Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak dipakai. Tidak terkecuali, di Indonesia. Dapat dipastikan Facebook adalah aplikasi jejaring media sosial yang menyasar semua segmentasi usia, bila dibandingkan Instagram atau Twitter. Maka itu, tidak mau kehilangan peluang bisnis, Facebook merilis fitur bisnis yaitu Facebook Ads. Fitur ini merupakan salah satu fitur Facebook yang dapat membantu pengguna dalam berjuaan.
Alasan utama kenapa Facebookads banyak diminati adalah jangkauan pasar dan audiens yang sangat besar dan luas. Hal lain yang diunggulkan dari Facebook Ads adalah mudah dipakai dan harganya terjangkau bila dibandingkan tarif pasang iklan di platform lainnya. Lalu, bagaimana cara membuat Facebookads? Mari kita simak panduannya sebagai berikut.
Daftar Isi
1. Memilih &Membuat FacebookFanpage
Untuk memulai memakai Facebook ads, pertama-tama kalian harus membuat terlebih dahuu Facebook Fanpage.
Kalian bisa melengkapi Facebook Fanpage ini dengan menu dan fitur sesuai kebutuhan. Namun, yang paling direkomendasikan adalah memasukkan Fanpage kalian dalam kategori “Bisnis”.
Selanjutnya, lengkapi semua informasi yang diminta sesuai dengan data yang sebenarnya agar lebih akurat.
2. Daftarkan Bisnis di FacebookAds
Setelah membuat Facebook Fanpage–nya, kemudian langkah yang bisa kalian lakukan adalah mendaftarkan bisnis kalian di Facebookads. Caranya cukup mudah, cukup ikuti saja petunjuk yang diberikan dan lengkapi formulir yang diminta Facebook.
3. Hal-hal Penting Diingat
Dalam mengisi form yang diminta, ada beberapa hal yang harus kalian ingat agar iklan bisa lebih efektif dan menjual, antara lain:
- Tentukan Tujuan yang Tepat
Pastikan kalian sudah menetapkan tujuan atau konsep iklan. Apakah hanya sebagai grab awareness, atau sudah dalam tahap membagun interested dari pasar?Hal ini akan berkaitan dengan latar belakang produk atau bisnis kalian.
- Tentukan Target Pasar yang Sesuai
Target pasar akan membantu pemasaran agar lebih spesifik dan efektif. Seperti yang diketahui, Facebook memiliki jangkauan audiens yang sangat beragam dan luas. Jadi, sangat penting menentukan target pasar yang relevan agar lebih mudah mencapai konversi penjualan. Jika semua form dan petunjuk sudah diikuti, selanjutnya kalian cukup membayar sesuai tarif yang tercantum pada Facebook ads. Silakan dicoba dan buktikan sendiri bisnis kamu semakin meningkat