Aplikasi Tema Bawaan Xiaomi Hilang? Ini Cara Mengatasinya

Aplikasi tema bawaan xiaomi adalah salah satu fitur yang membuat pengguna xiaomi bisa mengubah tampilan ponsel mereka sesuai dengan selera. Aplikasi tema bawaan xiaomi menyediakan berbagai macam tema yang bisa diunduh dan dipasang secara gratis. Namun, ada beberapa kasus di mana aplikasi tema bawaan xiaomi hilang atau tidak muncul di layar ponsel. Hal ini tentu saja membuat pengguna xiaomi merasa bingung dan kesal. Apa penyebab aplikasi tema bawaan xiaomi hilang? Bagaimana cara mengembalikan aplikasi tema bawaan xiaomi yang hilang? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Penyebab Aplikasi Tema Bawaan Xiaomi Hilang

Aplikasi tema bawaan xiaomi bisa hilang karena beberapa alasan, antara lain:

  • Pengaturan wilayah yang salah. Aplikasi tema bawaan xiaomi hanya tersedia di beberapa wilayah tertentu, seperti China, India, Indonesia, dan lain-lain. Jika pengguna xiaomi mengubah pengaturan wilayah ponsel mereka ke wilayah yang tidak mendukung aplikasi tema bawaan xiaomi, maka aplikasi tersebut akan hilang dari layar ponsel.
  • Pembaruan sistem yang tidak kompatibel. Aplikasi tema bawaan xiaomi bisa hilang karena adanya pembaruan sistem yang tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut. Misalnya, jika pengguna xiaomi melakukan pembaruan sistem dari MIUI 11 ke MIUI 12, maka ada kemungkinan aplikasi tema bawaan xiaomi tidak bisa berjalan dengan baik di MIUI 12 dan hilang dari layar ponsel.
  • Penghapusan data aplikasi. Aplikasi tema bawaan xiaomi bisa hilang karena pengguna xiaomi secara tidak sengaja atau sengaja menghapus data aplikasi tersebut. Data aplikasi adalah kumpulan file yang menyimpan informasi penting tentang aplikasi, seperti pengaturan, riwayat, cache, dan lain-lain. Jika data aplikasi dihapus, maka aplikasi tersebut akan kembali ke pengaturan awal dan bisa hilang dari layar ponsel.
  • Virus atau malware. Aplikasi tema bawaan xiaomi bisa hilang karena terinfeksi virus atau malware yang merusak atau menghapus file aplikasi tersebut. Virus atau malware bisa masuk ke ponsel xiaomi melalui unduhan aplikasi atau file yang tidak aman dari internet, bluetooth, atau media penyimpanan lainnya. Jika ponsel xiaomi terinfeksi virus atau malware, maka aplikasi tema bawaan xiaomi bisa hilang atau tidak berfungsi dengan baik.
BACA JUGA:  Aplikasi Edit Foto Efek Pensil Android

Itulah beberapa penyebab aplikasi tema bawaan xiaomi hilang yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami salah satu dari penyebab di atas, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk mengembalikan aplikasi tema bawaan xiaomi yang hilang.

Cara Mengembalikan Aplikasi Tema Bawaan Xiaomi yang Hilang

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan aplikasi tema bawaan xiaomi yang hilang, antara lain:

  • Mengubah pengaturan wilayah. Jika aplikasi tema bawaan xiaomi hilang karena pengaturan wilayah yang salah, maka Anda bisa mengembalikannya dengan mengubah pengaturan wilayah ponsel Anda ke wilayah yang mendukung aplikasi tema bawaan xiaomi. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
    2. Pilih Wilayah.
    3. Pilih salah satu wilayah yang mendukung aplikasi tema bawaan xiaomi, seperti China, India, Indonesia, dan lain-lain.
    4. Tunggu hingga ponsel Anda melakukan restart secara otomatis.
    5. Cek apakah aplikasi tema bawaan xiaomi sudah muncul di layar ponsel Anda.
  • Melakukan pembaruan sistem. Jika aplikasi tema bawaan xiaomi hilang karena pembaruan sistem yang tidak kompatibel, maka Anda bisa mengembalikannya dengan melakukan pembaruan sistem yang lebih baru atau lebih stabil. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
    2. Pilih Tentang Ponsel.
    3. Pilih Pembaruan Sistem.
    4. Cek apakah ada pembaruan sistem yang tersedia untuk ponsel Anda.
    5. Jika ada, pilih Unduh dan Pasang.
    6. Tunggu hingga proses pembaruan sistem selesai.
    7. Cek apakah aplikasi tema bawaan xiaomi sudah muncul di layar ponsel Anda.
  • Menghapus cache dan data aplikasi. Jika aplikasi tema bawaan xiaomi hilang karena penghapusan data aplikasi, maka Anda bisa mengembalikannya dengan menghapus cache dan data aplikasi tersebut. Cache adalah file sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Data adalah file permanen yang menyimpan informasi penting tentang aplikasi. Menghapus cache dan data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke pengaturan awal dan bisa memperbaiki masalah yang terjadi. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
    2. Pilih Aplikasi.
    3. Pilih Tema.
    4. Pilih Penyimpanan.
    5. Pilih Hapus Cache dan Hapus Data.
    6. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.
    7. Cek apakah aplikasi tema bawaan xiaomi sudah muncul di layar ponsel Anda.
  • Memindai dan membersihkan virus atau malware. Jika aplikasi tema bawaan xiaomi hilang karena terinfeksi virus atau malware, maka Anda bisa mengembalikannya dengan memindai dan membersihkan virus atau malware yang ada di ponsel Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya dan aman, seperti Windows Defender, Avast, Malwarebytes, dan lain-lain. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Buka aplikasi antivirus yang Anda instal di ponsel Anda.
    2. Pilih Pindai atau Scan.
    3. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.
    4. Jika ada virus atau malware yang terdeteksi, pilih Bersihkan atau Clean.
    5. Tunggu hingga proses pembersihan selesai.
    6. Cek apakah aplikasi tema bawaan xiaomi sudah muncul di layar ponsel Anda.
BACA JUGA:  Aplikasi Emoticon-Smiley untuk Instagram Android yang GRATIS!

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan aplikasi tema bawaan xiaomi yang hilang. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah yang Anda alami. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.