Cara Memindahkan Semua Aplikasi Game Android ke Memori Eksternal

Jika anda pengguna HP Android maka managemen memori sangatlah penting, apalagi jika memori internal anda kecil. Semakin banyak anda install Aplikasi dan Game ke memori internal maka akan membuat HP anda akan lemot. Jalan keluarnya yaitu memindahkan semua aplikasi game Android tersebut ke memori eksternal.

Dalam sistem Smartphone terdapat memori internal, dan memori internal tersebut terbagi untuk data penyimpanan dan system (RAM).  Memori internal sendiri menyatu dan melekat pada perangkat android. Jika memori internal tersisa space ruang sedikit akibat terlalu banyak aplikasi dan game yang diinstall maka akan memberatkan system dalam bekerja.

Salah satu solusi unuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memindahkan semua aplikasi-game android ke memori eksternal. Cara memindahkannya sangatlah mudah tanpa anda harus cut dan paste dengan menggunakan komputer. Simak caranya berikut ini.

Cara Memindahkan Aplikasi – Game Android ke SD Card Eksternal

Berikut ini adalah langkah-langkah awal dalam memindahkan semua aplikasi-game ke memori SD Card khusus pengguna awal atau Smartphone baru.

1. Memindahkan Semua Aplikasi – Game ke Memori Telepon ke Internal

BACA JUGA:  Cara Memindahkan Semua Kontak Nomor HP BB ke Android via Bluetooth

Tujuannya adalah agar System membaca aplikasi-game yang akan dipindahkan ke memori eksternal.

  • Jika saat HP anda baru maka pengaturan penyimpanan secara Default akan disetting ke memori internal/telepon, maka semua aplikasi yang anda install akan masuk ke memori internal.
  • Lalu pilih menu PENGATURAN -> SEMUA PENGATURAN -> APLIKASI

Cara memindahkan aplikasi android ke memori eksternal

  • Kemudian pilih menu Tab PENYIMPANAN TELEPON, disitu terdapat aplikasi dan game yang terinstall di memori telepon, Aplikasi dengan keterangan 0,00 Kb adalah aplikasi/game yang belum dipindahkan ke memori nternal sebelum dipindahkan ke memori eksternal.

pindah aplikasi ke eksternal_2

  • Silahkan anda pilih aplikasi game yang belum terpindahkan ke memori internal,  kemudian pilih HAPUS DATA untuk membersihkan file-file agar bersih, lalu pilih PINDAH KE PENYIMPANAN INTERNAL.

memindahkan game android ke memori eksternal

  • Jika sudah, lakukan hal sama ke semua aplikasi – game dipindahkan ke memori internal terlebih dahulu.

2. Memindahkan Semua Aplikasi – Game ke Memori Internal ke Eksternal

  • Jika tahap 1 selesai kemudian selanjutnya ubah pengaturan Default penyimpanan ke memori SD Card eksternal, caranya kembali ke PENGATURAN ->SEMUA PENGATURAN -> PENYIMPANAN. Ubah penyimpanan USB ke Penyimpanan SD.  Jika OK maka smartphone anda akan restart.
BACA JUGA:  Membuat Video dari Beberapa Foto di Android Menggunakan Aplikasi PhotoGrid

Mengganti memori internal ke eksternal di android

  • Jika sudah kembali pilih menu PENGATURAN -> SEMUA PENGATURAN -> APLIKASI -> PENYIMPANAN SD. Buka aplikasi yang keterangannya 0,00 Kb untuk dipindahkan ke memori eksternal.

pindah aplikasi ke eksternal_5

  • Kemudian Pindah ke Penyimpanan SD

memindahkan aplikasi android ke sd card memori

  • Lakukan hal yang sama pada aplikasi-game lainnya agar terpindah ke memori eksternal seperti berikut ini:

memindahkan game android ke memori SD Card

Dengan cara ini maka space memori internal anda akan banyak yang memungkinkan kinerja system smartphone lebih ringan dan anda dapat memainkan game atau menjalankan aplikasi dengan ringan.  INGAT ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal yaitu seperti Facebook, Twitter, BBM. Hal tersebut dikarenakan jika SD Card anda rusak maka tentunya aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

20 comments

  1. Mau tanya gan…. Kalo memindahkan aplikasi games beserta datanya ke memori eksternal bisa ga ? Jadi main games nya tidak ngulang lg ? Gmn caranya ya… ThanksThanks.

  2. Gan handphone ane lenovo a328
    Management aplikasi di bawah hapus data nggak ada pindah ke penyimpanan eksternal ataupun internal

      1. pa,, saya hpnya lenovo a328,, tidak ada tulisan ‘pindah ke memori sd’ nya…
        gimana iti?? cara memindahkannya??

  3. mau tanya gan gimana kalau game yang tidak dpat d pndah ke kartu sd. padahal gamenya install sendiri kenapa y gan…. kasih tau dong solusinya. nama gamenya lets get rick game line

  4. Hp sy lenovo A328, tidak ada tulisan “pindah kemori sd* tlng solusinya biar bs pindah ke ekstenal
    Trims

  5. gan…hp saya lenovo a328….tapi gak ada tulisan kayak gitu tuh…padahal udah di pindahin penyimpanan defaultnya..ke kartu sd…tapi.tetep aja gak ada tulisan “pindah ke penyimpanan sd”
    .help me please.

  6. Gan kok punya saya gak ada pilihan pidahkan ke sdnya gan … Walaupun udah di rood ttp aja gak bisa gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.