Cara Membuka Password Macro Excel dengan Mudah dan Cepat

Macro adalah fitur yang sangat berguna di Excel untuk melakukan tugas-tugas yang berulang atau kompleks dengan cepat dan mudah. Namun, terkadang Anda mungkin ingin melindungi macro Anda dari orang lain yang tidak berwenang atau tidak diinginkan dengan memberikan password. Password macro Excel akan mencegah orang lain untuk melihat, mengedit, atau menjalankan macro Anda tanpa izin Anda.

Namun, bagaimana jika Anda lupa password macro Excel Anda sendiri? Atau bagaimana jika Anda mendapatkan file Excel yang berisi macro yang dilindungi password dari sumber lain dan Anda ingin melihat atau mengedit macro tersebut? Apakah ada cara untuk membuka password macro Excel tanpa harus menghapus atau mengganti file Excel Anda?

Jawabannya adalah ya, ada beberapa cara untuk membuka password macro Excel dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda coba untuk membuka password macro Excel, baik dengan menggunakan software khusus maupun tanpa software. Mari kita mulai!

Daftar Isi

Metode 1: Menggunakan Software Khusus untuk Membuka Password Macro Excel

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuka password macro Excel adalah dengan menggunakan software khusus yang dirancang untuk tujuan ini. Software ini dapat membantu Anda untuk menemukan atau menghapus password macro Excel dengan beberapa klik saja. Beberapa software yang populer dan terpercaya untuk membuka password macro Excel adalah:

  • PassFab Excel Password Recovery: Software ini dapat membantu Anda untuk menemukan password macro Excel yang hilang atau lupa dengan menggunakan tiga mode serangan: serangan kamus, serangan brute-force, dan serangan brute-force dengan mask. Software ini juga dapat membantu Anda untuk menghapus password pembukaan, password pengeditan, dan password lembar kerja Excel.
  • Stellar Excel Password Recovery: Software ini dapat membantu Anda untuk menemukan password macro Excel yang hilang atau lupa dengan menggunakan dua mode serangan: serangan brute-force dan serangan kamus. Software ini juga dapat membantu Anda untuk menghapus password pembukaan dan password pengeditan Excel.
  • iSunshare Excel Password Remover: Software ini dapat membantu Anda untuk menghapus password macro Excel dengan cepat dan mudah. Software ini juga dapat membantu Anda untuk menghapus password pembukaan dan password pengeditan Excel.

Untuk menggunakan software khusus untuk membuka password macro Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan instal software yang Anda pilih dari link di atas.
  2. Buka software tersebut dan klik tombol “Add” untuk memilih file Excel yang berisi macro yang dilindungi password.
  3. Pilih jenis password yang ingin Anda temukan atau hapus, misalnya password macro, password pembukaan, atau password pengeditan.
  4. Jika Anda ingin menemukan password macro Excel, pilih mode serangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya serangan kamus, serangan brute-force, atau serangan brute-force dengan mask. Anda dapat menyesuaikan pengaturan serangan sesuai dengan preferensi Anda, misalnya panjang password, karakter password, atau rentang password.
  5. Klik tombol “Start” untuk memulai proses pencarian atau penghapusan password.
  6. Tunggu hingga proses selesai dan lihat password macro Excel yang ditemukan atau konfirmasi penghapusan password.
  7. Buka file Excel Anda dan masukkan password macro Excel yang ditemukan atau tanpa password jika Anda menghapusnya.

Dengan menggunakan software khusus untuk membuka password macro Excel, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menggunakan software ini, seperti:

  • Software ini mungkin tidak gratis atau memiliki batasan dalam versi trial, misalnya jumlah karakter password yang dapat ditemukan atau dihapus, jumlah file yang dapat diproses, atau waktu proses yang dibutuhkan.
  • Software ini mungkin tidak kompatibel dengan semua versi Excel atau sistem operasi, misalnya Excel 2019, Excel 2016, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, atau Windows XP.
  • Software ini mungkin tidak dapat menjamin keberhasilan atau keamanan dalam membuka password macro Excel, terutama jika passwordnya sangat panjang, kompleks, atau acak.
BACA JUGA:  Cara Mengetahui Weton Kita Berdasarkan Hari Tanggal Lahir

Oleh karena itu, Anda perlu memilih software yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan risiko Anda. Anda juga perlu membackup file Excel Anda sebelum menggunakan software ini untuk mencegah kerusakan atau kehilangan data.

Metode 2: Menggunakan VBA Editor untuk Membuka Password Macro Excel

Cara lain untuk membuka password macro Excel adalah dengan menggunakan VBA Editor yang merupakan fitur bawaan dari Excel. VBA Editor adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat, mengedit, atau menjalankan macro Excel. Dengan menggunakan VBA Editor, Anda dapat mengakses kode sumber macro Excel yang dilindungi password dan menghapus passwordnya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan VBA Editor untuk membuka password macro Excel:

  1. Buka file Excel yang berisi macro yang dilindungi password.
  2. Tekan tombol “Alt + F11” pada keyboard Anda untuk membuka VBA Editor.
  3. Pada panel kiri, klik dua kali pada nama file Excel Anda untuk melihat daftar modul macro yang ada.
  4. Klik kanan pada modul macro yang ingin Anda buka passwordnya dan pilih “Properties”.
  5. Pada jendela “Properties”, klik tab “Protection” dan hapus tanda centang pada kotak “Lock project for viewing”.
  6. Klik tombol “OK” dan tutup VBA Editor.
  7. Buka kembali VBA Editor dengan menekan tombol “Alt + F11” pada keyboard Anda.
  8. Klik dua kali pada modul macro yang ingin Anda buka passwordnya dan Anda akan melihat kode sumber macro Excel tanpa password.

Dengan menggunakan VBA Editor untuk membuka password macro Excel, Anda dapat menghindari penggunaan software tambahan atau eksternal. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat menggunakan metode ini, seperti:

  • Metode ini hanya berfungsi untuk file Excel yang berformat .xlsm, .xlsb, atau .xls. Jika file Excel Anda berformat .xlsx, Anda perlu mengubah formatnya terlebih dahulu menjadi .xlsm, .xlsb, atau .xls.
  • Metode ini hanya berfungsi untuk file Excel yang berisi macro yang dibuat dengan VBA Editor. Jika file Excel Anda berisi macro yang dibuat dengan alat lain, misalnya Macro Recorder, Anda perlu mengubah macro tersebut menjadi kode VBA terlebih dahulu.
  • Metode ini mungkin tidak berfungsi untuk file Excel yang berisi macro yang dilindungi password dengan cara lain, misalnya dengan enkripsi, hashing, atau salting.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa file Excel Anda memenuhi syarat untuk menggunakan metode ini. Anda juga perlu berhati-hati saat mengedit kode sumber macro Excel untuk menghindari kesalahan atau masalah yang tidak diinginkan.

Metode 3: Menggunakan Hex Editor untuk Membuka Password Macro Excel

Cara ketiga untuk membuka password macro Excel adalah dengan menggunakan Hex Editor yang merupakan alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat atau mengedit data biner dari file Excel. Hex Editor dapat membantu Anda untuk menemukan dan mengganti string password macro Excel yang tersimpan dalam file Excel dengan string kosong. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Hex Editor untuk membuka password macro Excel:

  1. Download dan instal Hex Editor yang Anda pilih dari internet, misalnya HxD Hex Editor, HexEd.it, atau Hex Workshop.
  2. Buka Hex Editor tersebut dan klik tombol “Open” untuk memilih file Excel yang berisi macro yang dilindungi password.
  3. Pada jendela Hex Editor, tekan tombol “Ctrl + F” pada keyboard Anda untuk membuka kotak pencarian.
  4. Pada kotak pencarian, pilih opsi “Text-string” dan masukkan string berikut: “DPB=”. Ini adalah string yang menandakan awal dari password macro Excel.
  5. Klik tombol “Search” atau “Find” untuk mencari string tersebut dalam file Excel. Anda akan melihat string tersebut diikuti oleh beberapa karakter hexadesimal yang merupakan password macro Excel yang dienkripsi.
  6. Salin semua karakter hexadesimal yang ada setelah string “DPB=” sampai sebelum string “GC=”. Ini adalah string yang menandakan akhir dari password macro Excel.
  7. Ganti semua karakter hexadesimal yang Anda salin dengan karakter “00”. Ini berarti Anda mengganti password macro Excel dengan string kosong.
  8. Simpan file Excel dengan nama baru atau menimpa file Excel yang lama.
  9. Buka file Excel yang telah Anda simpan dan Anda akan melihat bahwa password macro Excel telah dihapus.
BACA JUGA:  Cara Update Security versi 7.0.4 Xiaomi Langsung dari Handphone

Dengan menggunakan Hex Editor untuk membuka password macro Excel, Anda dapat menemukan dan mengganti password macro Excel tanpa harus mengetahui passwordnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat menggunakan metode ini, seperti:

  • Metode ini hanya berfungsi untuk file Excel yang berformat .xlsm, .xlsb, atau .xls. Jika file Excel Anda berformat .xlsx, Anda perlu mengubah formatnya terlebih dahulu menjadi .xlsm, .xlsb, atau .xls.
  • Metode ini mungkin tidak berfungsi untuk file Excel yang berisi macro yang dilindungi password dengan cara lain, misalnya dengan enkripsi, hashing, atau salting yang lebih kuat.
  • Metode ini membutuhkan keterampilan dan kehati-hatian dalam mengedit data biner dari file Excel. Jika Anda salah mengganti karakter hexadesimal, Anda dapat merusak atau menghilangkan data penting dari file Excel Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa file Excel Anda memenuhi syarat untuk menggunakan metode ini. Anda juga perlu membackup file Excel Anda sebelum menggunakan metode ini untuk mencegah kerusakan atau kehilangan data.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk membuka password macro Excel dengan mudah dan cepat. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan risiko Anda. Namun, sebelum Anda mencoba metode apapun, Anda perlu membackup file Excel Anda terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan atau kehilangan data. Anda juga perlu menghormati hak cipta dan privasi dari pemilik file Excel yang berisi macro yang dilindungi password. Jangan gunakan metode ini untuk tujuan yang tidak etis atau ilegal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tinggalkan komentar di bawah. Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya tentang Excel, silakan kunjungi website saya di www.kusnendar.web.id. Terima kasih dan sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.